Home ยป Menikah Secara Adat Bali Pasangan Rizky Febian-Mahalini Jalani Prosesi Mepamit dan Medharma Suaka

Menikah Secara Adat Bali Pasangan Rizky Febian-Mahalini Jalani Prosesi Mepamit dan Medharma Suaka

Bagikan

Pasangan Rizky Febian-Mahalini. Foto tangkapan layar

Bali Terkini – Dibalut busana pengantin Bali warna coklat motif keemasan, pasangan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini tampak bahagia bersanding saat acara pernikahan yang berlangsung Minggu (5/5/2024) di Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Mereka menikah secara adat Bali, dihadiri pihak keluarga Rizky. Hadir pula sang ayah Sule bersama ketiga anaknya yang lain.

Sule bersama rombongan datang pagi hari disambut oleh keluarga Mahalini. Keduanya kemudian melangsungkan acara pernikahan secara adat Bali. Prosesi juga diisi dengan dharma suaka serta ritual mepamit.

Dharma Suaka bermakna mempererat hubungan kekeluargaan paska pernikahan sekaligus permohonan maaf keluarga pihak pria jika ada hal-hal yang kurang atau kurang berkenan selama prosesi pernikahan berlangsung.

Sedangkan ritual mepamit, pernikahan secara adat Bali khususnya bagi mempelai wanita wajib melaksanakannya. Ritual ini disertai dengan sesajen (banten) sebagai sarana memberitahukan kepada leluhur kalau keturunannya sudah menjalani pernikahan.

Sekaligus mepamit itu adalah simbol memohon doa restu kepada keluarga terutama restu orang tua, karena akan meninggalkan rumah, dan mulai menjadi bagian tanggung jawab pihak mempelai pria.

Pernikahan Rizky Febian dengan Mahalini sempat jadi pergunjingan di media sosial. Bahkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M. Cholil Nafis menegaskan jika pernikahan beda agama tidak sah dan hukumnya sama dengan berzina.

Dikutip dari TVonenews.com, Cholil Nafis menanggapi berita yang membahas rencana pernikahan Mahalini dan putra sulung komedian Sule. Cholil Nafis menyoroti perbedaan agama perempuan berusia 24 tahun ini dengan Rizky Febian.

Pria kerap disapa Kiyai Cholil ini mengingatkan pernikahan berbeda keyakinan tidak diperbolehkan menurut ajaran Islam.

Sementara komedian Sule angkat bicara.

“Saya sekaligus ingin menjawab kegiatan hari ini, karena diluar sana beredar kabar katanya hari ini resepsi. Lalu, ada yang bilang juga akad nikah. Semuanya itu tidak benar,” ucap Sule dikutip dari YouTube SL Media miliknya, Minggu (5/5/2024).

Kehadiran di Bali kata Sule adalah dalam rangkaian meminta izin kepada keluarga mempelai wanita untuk menjadi istri buat anaknya, Rizky Febian.

“Kita sudah memakai pakaian adat Bali dan sekarang akan menjadi saksi di mepamit. Sebagai keluarga mempelai pria, kita datang ke sini memiliki tujuan untuk meminta kepada keluarga perempuan untuk meminang yang nantinya akan bertanggung jawab adalah pengantin pria,” tegasnya lagi. (dii)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *