Home ยป Timnas Indonesia U-23 vs Irak, Sivakorn Lagi Tempati Wasit VAR

Timnas Indonesia U-23 vs Irak, Sivakorn Lagi Tempati Wasit VAR

Bagikan

Timnas Indonesia U-23.foto/dok PSSI

Bali Terkini – Setelah gagal di laga semifinal dari Uzbekistan, Timnas Indonesia U-23 kini fokus berjuang merebut posisi ketiga.

Timnas Indonesia U-23 bakal bertemu Irak. Pertemuan ini menjadi ajang perjumpaan ketiga kalinya, setelah sebelumnya sempat berduel pada level senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam pertemuan di dua ajang tersebut, Irak dua kali mengalahkan Indonesia yaitu 3-1 di Piala Asia dan 5-1 di Kualifikasi Piala Dunia.

Meski dari catatan itu, Indonesia kalah dua kali, namun pada duel Timnas Indonesia U-23 vs Irak di ajang Piala Asia U-23, 2024, Indonesia wajib menang agar bisa tampil dalam Olimpiade 2024 di Paris.

Piala Asia U-23 2024 menyediakan tiga tiket langsung ke Olimpiade, yakni untuk juara, runner-up, dan tim posisi ketiga. Sedangkan tim posisi keempat harus melewati playoff AFC-CAF melawan Guinea.

Piala Asia U-23 2024 masih menyisakan dua laga terakhir, yakni antara Irak vs Indonesia dan Jepang vs Uzbekistan. Jepang berhak maju ke babak final menghadapi Uzbekistan setelah menghajar Irak dengan skor 2-0 pada babak partai semifinal.

Sivakorn Lagi Duduki Wasit VAR

Pada laga Timnas Indonesia U-23 kontra Irak, patut ‘mewaspadai’ sosok wasit Sivakorn Pu-Udom. Kok ?

Wasit asal Thailand itu kembali bakal menempati sebagai wasit VAR bersama Abdullah Dhafer. Pecinta sepak bola Tanah Air tentu tak asing dengan nama Sivakorn Pu-Udom.

Sosok Sivakorn dinilai kontroversial saat Timnas melawan Uzbekistan, karena beberapa keputusannya merugikan Timnas dan berujung Timnas kalah 0-2 sekaligus gagal melaju k babak final.

Keputusan Sivakorn yang dianggap kontroversial seperti dibatalkannya gol Muhammad Ferarri. Saat itu Sivakorn meminta wasit utama mengecek VAR setelah Ferarri mencentak gol.

Hasil pengecekkan membuat gol Ferarri dibatalkan karena Ramadhan Sananta terlebih dahulu berada di posisi offside.

Keputusan kontroversial berikutnya adalah terkait kartu merah Rizky Ridho. Saat itu lagi-lagi Sivakorn meminta wasit utama mengecek VAR. Padahal wasita utama sempat tidak mengeluarkan kartu merah kepada Rizky Ridho bahkan permainan tetap berjalan.

Kepastian Sivakorn bakal menduduki wasit VAR ini diumumkan langsung oleh pihak AFC.

AFC menjabarkan bahwa ada tujuh wasit bakal bertugas kala Timnas Indonesia U-23 kontra Irak. Wasit utama ditempati oleh Majed M Alshamrani.

Alshamrani bakal ditemani dua asisten Hesham Mohammed (asisten wasit 1) dan Omar Ali Aljamal (asisten wasit 2).

Wasit keempat diisi oleh Hanna Hattab dan Tseytlin Vladislav akan menjadi pengawas wasit.

Berikut jadwal Piala Asia U-23 2024.

Indonesia vs Irak
Kamis 2 Mei 2024, pukul 22.30 WIB
Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha

Jepang vs Uzbekistan
Jumat 3 Mei 2024 l,pukul 22.30 WIB
Stadion Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan. (dii)


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *