Perpisahan Konsulat Jendral Jepang di Bali

baliterkini.com

Nusa Dua, Baliterkini.com - Konsulat Jenderal Jepang di Bali, Mr Kazuo Shibata akan digantikan Noboru yang akan tiba di Bali tanggal  23 Maret mendatang. Demikian disampaikan pada acara Resepsi Perpisahan Konsul Jendral Jepang , Kazuo Shibata di Grand Nikko Bali, Nusa Dua, Kamis (12/032015).

Kazuo Shibata,  mengucapkan terima kasih pada semua pihak atas dukungan dalam melaksanakan tugasnya di Bali selama dua tahun, “ Saya bersyukur dapat bertugas selama hampir dua tahun di Bali dimana penduduknya begitu ramah dan baik, serta tempatnya nyaman untuk tinggal, “ ucapnya.

Disamping itu dirinya menilai hubungan Jepang dengan Indonesia selama ini sudah terjalin baik. Sebagai negara sahabat Indonesia sudah berbuat banyak pula bagi Jepang diantaranya pada saat negera matahari terbit tersebut terkena musibah gempa empat tahun yang lalu, dimana  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus  terbang ke ke Jepang  untuk memberi semangat dan memberikan bantuan kepada para korban. Demikian pula masyarakat Bali dibawah kepemimpinan Gubernur Pastika juga menggelar doa bersama untuk para korban dan pemulihan pasca gempa di Pura Uluwatu.

Ia menambakan, selama dirinya bertugas, diakuinya mendapat banyak dukungan dan kerjasama begitu banyak pihak seperti dari lembaga pemerintah, kepala pemerintahan daerah, konsulat jendral di bali dan banyak lagi, “ Selama ini saya melakukan upaya dan bekerjasama dengan banyak pihak dalam menangani berbagai hal termasuk persiapan konferensi internasional, “ ujarnya. Ia berharap kedepannya dengan Konsul yang baru kerjasama dan persahabatan yang sudah terjalin dapat semakin dibangun

Sementara itu, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, dalam sambutannya berharap hubungan yang terjalin diantara kedua negara  tidak hanya sebatas kerjasama saling menguntungkan namun juga menumbuhkan nlai nilai kehidupan norma demokrasi dan hak-hak asasi hak asasi manusia. Konsep tersebutlah yang kemudian menjadi dasar  bagi kerjasama negara negara dalam menghadapi dinamika global. Jepang juga telah berkontribusi banyak untuk Indonesia, termasuk juga kepada Bali, di bidang teknologi, peningkatan mutu SDM, yang merupakan hal utama yang diperlukan bagi Investasi Indonesia, “ Kedepan, saya tetap berharap ada program – program kemitraan strategis yang digagas dalam mendukung program pembangunan daerah Bali, sejalan dengan berkembangnya Bali sebagai daerah pariwisata internasional, “ harap Mangku Pastika.

Gubernur Bali, juga berkesempatan memberikan keris Bali sebagai kenang –kenangan kepada Mr. Kazuo Shibata. Keris luk tiga berbahan kayu kombinasi kuningan memiliki fungsi sebagai kewibawaan dan rejeki. Sementara kain endek Bali dipersembahkan kepada Mrs kazuo Shibata.Selanjutnya, para undangan yang hadir dijamu makan malam bersama. Dengan menu yang disajikan prasmanan, berbagai menu mulai dari masakan Bali sampai Jepang pun dipersembahkan spesial malam itu.

 Di penghujung acara, Gubernur Bali bersama Mr Kazuo Shibata berkesempatan mencoba minuman khas Jepang, Sake sebagai salam penutup pada kesempatan acara perpisahan Kosulat Jendral Jepang. [BT]

Komentar