Ayo! Wisata ke Air Terjun Madakaripura

mandalanews.com

Probolinggo, Baliterkini.com - Air terjun Madakaripura adalah air terjun yang terletak di desa Negoro Rejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini salah satu tempat Wisata air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Menurut cerita masyarakat sekitar, Air terjun ini diberi nama dari Madakaripura, karena tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Madakaripura dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat bertapa karena keyakinan bahwa ini bukan tempat sembarangan. Dan terbukti, Gajah Mada memperoleh kesaktian & kepercayaan untuk mempersatukan tanah nusantara. Dan Gajah Mada juga menghabiskan sisa usia nya dan akhir nya muksa (meninggalkan dunia beserta raganya) menuju nirwana juga di Madakaripura.

Mada Kari Pura yang memiliki arti sebagai “Tempat Tinggal Terakhir”. Nama ini disematkan dari kepercayaan masyarakat sekitar yg mengatakan disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya.

Banyak yang percaya kalau waktu itu, setelah usianya senja patih Gajah Mada menjadi Brahmana di tempat ini. Karena itu orang Tengger menganggap kalau Madakaripura itu merupakan bekas dari pertapaan Mahapatih Gajah Mada yang pada saat saat tertentu harus mereka datangi untuk melakukan pensucian jiwa dengan jalan bertapa di sekitar lokasi tersebut.

Kehadiran Gajah Mada secara ghaib pada setiap orang yang senang melakukan lelaku spiritual ditempat tersebut sudah bukan merupakan cerita yang aneh bagi para spiritual. terbukti dengan dibangunnya sebuah patung Gajah Mada yang berada tepat di depan jalan yang mau menuju ke tempat air terjun tersebut. [BT]

Komentar