Ingin Nama Kamu Ada di Planet Mars, Ini Caranya!

baliterkini.com/ nasa 360

BaliTerkini.com - Pernahkah terbayang untuk menjejakkan kaki di luar angkasa? apalagi berada di planet yang belum pernah dikunjungi, seperti Mars. 

Impian itu itu bukan sekadar bualan semata. Melalui program yang dirilis oleh NASA (Badan antariksa Amerika Serikat) kamu dapat menjadi bagian sejarah dalam mengksplorasi Planet Merah tersebut. 

Pastinya bukan dilatih menjadi astronot, namun hanya nama kamu yang akan di dibawa dengan pesawat mereka.

Program bernama NASA InSight ini memberikan kesempatan kepada masyarakat dunia untuk mengirimkan nama mereka dan akan dibawa roket bersama robot penjelajah Mars pada tahun 2020. 


Seperti dilansir dari website resmi NASA, mereka masih membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membawa seorang astronot menjejakan kaki ke planet tetangga bumi tersebut. 

Namun melalui misi MARS2020 mereka akan meluncurkan satu roket yang akan mempelajari berbagai kondisi planet tersebut terlebih dulu.

Misi MARS 2020 ini sendiri bertujuan untuk mempersiapkan penjelajahan manusia di Planet Merah. Selain itu robot penjelajah rover juga akan mencari tanda-tanda kehidupan mikroba, mencirikan iklim dan geologi Mars serta mengumpulkan sampel untuk kembali ke bumi di masa depan, sehingga membuka jalan bagi eksplorasi manusia nantinya di Planet Merah.


Misi ini akan menggunakan pesawat penjelajah bernama ATLAS V-541. Rencananya pesawat ini akan diluncurkan langsung dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida AS. 

Dijadwalkan pesawat ini akan diluncurkan pada Juli 2020 dengan harapan akan mendarat di titik Jazero Creater, MARS pada Februari 2021.

The Microdevices Laboratory NASA's Jet Propulsion Laboratory (JPL) melalui program NASA Insight ini akan membawa nama kamu.

Sejumlah nama yang disertakan  dicap atau ditempelkan ke chip silikon, menggunakan teknologi khusus dengan ukuran garis teks lebih kecil dari seperseribu dari lebar rambut manusia (75 nanometer). 

Chip yang berisi jutaan nama ini akan diletakkan di bawah kaca pelindung robot penjelajah yang akan bertugas nanti ketika di Mars, Rover.


"Ketika bersiap untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," ujar Thomas Zurbuchen, associate administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA (SMD) di Washington.

Nasa menjelaskan, lebih dari 2 juta nama telah terdaftar dalam program ini. Berdasarkan data dari website resminya, Amerika Serikat mendominasi partisipasi dalam program tersebut. Sedangkan Indonesia, tercatat pada 22 Mei 2019 masih 717 orang yang berpartisipasi.

Nah kamu tertarik menjadi bagian dari sejarah, meskipun hanya nama, tentunya kesempatan ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Kesempatan yang terbuka hingga 30 September 2019 ini, dapat kamu bisa mendaftarkan nama dengan mengisi biodata seperti email, negara dan kode pos rumah melalui website https://go.nasa.gov/Mars2020Pass .

Nantinya setelah menyelesaikan pendaftaran, kamu akan diberi boarding pass dengan detail dari program tersebut sebagai tanda partisipasimu yang dapat kamu bagikan ke sosial media pribadimu tentunya. 

Tertarik nama kamu dibawa ke Planet Mars? [BTcom/ genpi.co]

Komentar