Minum Es Daluman ala Kekinian, Mudah Dibuat Dirumah, Hanya Butuh 3 Bahan

baliterkini.com

Jembrana, BaliTerkini.com - Minuman khas Bali ini memang segar untuk dinikmati di hari yang panas. Daluman ialah jenis cincau yang di Pulau Jawa lebih dikenal dengan cincau hijau. Daluman ini berasal dari perasan daun tanaman rambat Cylea berbata Myers. Daun hijau tanaman rambat itu diperas, diambil sarinya, lalu dibiarkan mengeras hingga teksturnya seperti jelly.

Berbeda dengan cincau hitam yang dicampurkan ke dalam es buah, daluman disajikan dengan santan, gula bali cair atau sirup gula yang diberi pewarna merah, dan dilengkapi es serut segar.

Di Bali, es daluman dijual di warung hingga restoran. Biasanya, warga Bali menyantap daluman bersama rujak, tipat cantok (sajian yang mirip ketoprak) atau plecing kangkung pedas.


Daluman punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh, seperti meredakan radang tenggorokan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, masyarakat Bali percaya daluman dapat meredakan panas dalam. Dengan begitu, minumam ini pas banget untuk melepas dahaga saat siang hari.

Jika biasanya cincau hijau dijual dengan sirup gula sederhana, kamu sekarang bisa mengolahnya menjadi minuman daluman khas Bali yang menyegarkan. [BT.com]


TAGS :

Komentar