Selasa, 03/10/2017 | Dibaca : 276 Kali
Jualan di Pos Pemantauan Gunung Agung
Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Bu Rauh Berjasa Besar Bagi Jurnalis Peliput Gunung Agung

Sumber Photo : kompas.com


Karangasem, BaliTerkini.com - Bu Rauh merupakan sosok yang akrab bagi kalangan jurnalis dan petugas pos pantau yang berjaga di Pos Pengamatan gunungapi Agung, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.
 
Sebab, sejak tiga minggu terakhir, nenek dua cucu tersebut berjualan kopi di sekitar pos. Bu Rauh juga menyediakan snack dan nasi bungkus sejak pukul 07.00 Wita hingga malam hari.
 
Kepada Kompas.com, Bu Rauh yang tinggal di Banjar Balet Pasar itu mengatakan, sehari-hari dia berjualan di pasar. Namun, pasar sepi karena banyak orang yang mengungsi sejak status Gunung Agung naik menjadi awas.
 
Dia sendiri tinggal di zona aman sehingga tidak perlu meninggalkan rumahnya.
 
"Ibu akhirnya jualan di sini saja, karena ramai, banyak warga yang datang buat lihat kondisi Gunung Agung," kata Bu Rauh, saat ditemui Sabtu (30/9/2017).
"Jualan snack dan kopi, juga nasi karena banyak wartawan yang menginap di sini saat status gunungnya naik," ujar dia.
 
Biasanya, jika berjualan di pasar dalam satu hari dia mendapatkan uang Rp 50.000. Namun, sejak berjualan di area pos, dia mendapatkan rata-rata Rp 100.000 per hari.
 
"Disyukuri saja apa yang didapatkan hari ini. Daripada enggak kerja apa-apa," ucapnya.
 
Bu Rauh dibantu suaminya yang membawa dagangan dengan jalan kaki baik saat berangkat maupun pulang. Saat awal berjualan, dia mengaku bermodal Rp 500.000, dan akan tetap berjualan di area pos hingga keadaan sudah normal.
 
"Kalau normal dan sini sepi, ya kembali ke pasar lagi. Sementara di sini dulu jualannya. Banyak yang beli, yang penting sampahnya dikumpulkan, jangan buat kotor," tutur Bu Rauh. [Sumber: kompas.com]
 
*) Judul asli: Kampung Sepi, Ibu Rauh Jualan di Pos Pemantauan Gunung Agung


Oleh : baliterkini

Kirim Komentar Anda

Berita Terkait

Visitor

361844
Pengunjung hari ini : 78
Total pengunjung : 119304
Hits hari ini : 215
Total Hits : 361844
Pengunjung Online: 4