I Gede Dharna, Seniman Serba Bisa Ini Telah Tutup Usia

baliterkini.com / dewatanews.com

Denpasar, Baliterkini.com - Nama I Gede Dharna sudah tak asing dikalangan seniman dan budayawan di Bali. Dhana juga dikenal sebagai veteran yang aktif bergiat dalam kesenian sastra, terutama sastra Bali. Hingga akhir ayatnya dirinya juga dipercaya menjadi Sekretaris Markas Cabang Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Buleleng mendampingi Prof. Wida Sebagai Ketua.

Seperti dilansir harian Pos Bali (14/9), I Gede Dharna meninggal di usia 85 tahun pada hari Minggu (13/09) sekitar pukul 01.30 Wita. Berita mengejutkan ini dibenarkan oleh Ibu Ni Luh Telaga selaku istri almarhum. Dharna mempunyai tiga anak dengan enam cucu. Almarhum  memang tetap tinggal di lingkungan atau kecamatan Sukasada sejak dilahirkan hingga mempunyai cucu.

Dengan melahirkan segudang karya seni yang dimiliki, di kalangan masyarakat khususnya dalam seni lagu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Beberapa ciptaan lagu yang tak asing didengar dan sering dinyanyikan oleh penyanyi Bali era sekarang seperti lagu berjudul Merah Putih, Mars Singa Ambara Raja, maupun Hymmne Kabupaten Buleleng.

Ia juga merupakan Ketua Pelestarian Kebudayaan Bali Utara, dan sebagai seniman serba bisa, beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam bidang seni sastra.

Portal media online, dewatanews.com juga mengulas masa hidupnya yang menceritakan kegemaran almarhum pada dunia sastra. Menurutnya,  sastra mengalir dalam dirinya dari sejak kecil yang memiliki rumah dekat dengan Gedong Kirtya, hal ini juga dijadikan alasan atas jiwa seni sastra yang dia geluti.

Pejuang yang bertugas sebagai pasukan Gerakan Rakyat Rahasia Indonesia ini, bahkan telah menyiapkan satu novelit berjudul ”Bintang Den Bukit” yang akan diserahkan kepada Bupati Buleleng saat dilakukan kegiatan rutin setiap HUT Kemerdekaan, yakni tatap muka dengan anggota LVRI Buleleng, pada tanggal 16 Agustus.

”Saya buat cerita sejarah ini dalam bentuk novelit agar tidak menjemukan. Nanti akan saya serahkan bupati secara simbolis pada saat acara tatap muka dengan anggota veteran. Dari dulu saya suka sastra, bagi saya itu sudah menjadi tambahan kehidupan saya,” ujarnya ketika diwawancara oleh Dewatanews.com. [BT]


TAGS :

Komentar