Putu Bejo, Seorang Ponggawa Yayasan Crukcuk Kuning

courtesy of putu bejo
Mangupura, BaliTerkini.com - Bagi Putu Bejo, berkecimpung  di industri musik bukan hanya bertujuan memberikan hiburan semata, dan tidak berhenti sampai disitu. Dirinya secara konsisten berkontribusi dalam menyegarkan dunia tarik suara yang sudah banyak diakui dari kalangan penyanyi ternama melalui berbagai upaya.
 
Pelantun “Demen Kaden” juga menentukan kesuksesan terbentuknya Yayasan Cerukcuk Kuning. Melalui yayasan ini ia bersama dengan sejumlah penyanyi yang tergabung dalam Yayasan Cerukcuk Kuning membangkitkan semangat memajukan budaya bali melalui seni tarik suara.
 
Menurut pria asali Singaraja ini, kebanyakan lirik yang dibawakan merupakan lirik tentang kehidupan sosial serta kritik religi yang menggelitik dan fenomenal. Dari apa yang telah diciptakannya melalui lagu,  terbukti disambut positif oleh sejumlah kalangan melalui berbagai media yang saat ini deras mengalir di berbagai flatform media.
 
“Terbukti begitu banyak versi Demen Kaden yang ada,  bahkan di facebook yang diungah oleh akun Komank Agus, Demen Kaden versi cover JVI chanel at Jero Pande istri sebagai model langsung. Dalam kurun waktu 24 jam lagu ini dilihat 200 riub kali putar, tentu buat saya adalah hal yang spektakuler dalam kategori lagu daerah”, ujarnya dalam pesan tertulis kepada Baliterkini.com belum lama ini.
 
Dengan merangkul berbagai seniman, Putu Subawa nama asli dari Putu Bejo telah membuktikan bangkitnya Yayasan Cerukcuk Kuning di kancah lagu daerah Bali. Upaya ini diraihnya berkat kepiawaiannya menciptakan lirik lagu yang digelutinya selama 15 tahun. 
 
Selain memiliki bakat sebagai video direktor dan koordinator klip, lewat Yayasan Cerukcuk Kuning yang digawanginya dirinya dipercaya menempati struktur Sekretaris guna memberikan sumbangsih pemikiran bersama personel lain seperti Yan Mus, Yan Srikandi, Dika Swara dan Ngurah Adi yang juga mumpuni dalam dunia tarik suara. 
 
Kedepannya, Putu Bejo berencana merampungkan beberapa album dalam bentuk DVD. Di dalam album itu dikemas kompilasi dengan menyuguhkan tembang-tembang yang didominasi oleh ciptaannya sendiri. “Saat ini saya sedang merampungkan album Crukcuk Kuning dalam bentuk DVD bersama teman-teman. Nanti didalamnya akan  berisi lagu Crucuk kuning Demen Kaden, Gregeget, Singdadi Iri, dan lagu lagu baru ungulan yg dinyanyikan Yan mus, Yan srikandi, Dika swara, Ngurah Adi, Putu Lina, “ pungkasnya. [BTcom]

TAGS :

Komentar